Sabtu, 12 Oktober 2013

Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Informasi mengenai apa saja manfaat daun jambu biji yang berperan didalam bidang kesehatan dan juga memiliki khasiat baik jika digunakan untuk membuat ramuan obat tradisional.

Khasiat daun jambu biji untuk kesehatan

Jambu biji merupakan jenis buah yang bisa dikonsumsi baik secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus buah yang menyegarkan. Akan tetapi daun jambu biji juga terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Daun jambu biji banyak bermanfaat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. 

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Pengobatan :

1. Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Obat Diare
Cara membuat ramuan obat diare: siapkan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batang dari tanaman jambu biji. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari. Selain itu bisa juga dengan mengunyah daun jambu biji yang masih muda dengan tambahan sedikit garam. Telan airnya dan buang ampasnya.

2. Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Obat Masuk Angin
Cara membuat ramuan obat masuk angin: sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, garam secukupnya. Rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air. Setelah mendidih, saring dan konsumsi airnya setelah dingin sebanyak 2 kali sehari.

3. Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Obat Maag
Cara membuat ramuan obat maag: siapkan delapan lembar daun jambu biji segar yang telah dicuci bersih. Rebus bersama satu setengah air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut setelah dingin, kemudian konsumsi tiga kali sehari.

4. Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Obat Sariawan
Cara membuat ramuan obat sariawan: siapkan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cukup rebus bahan tersebut bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring untuk di ambil airnya, dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari. 

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Dan Kesehatan :

Menurut Dietary Fiber Foods.com, teh daun jambu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Daun berwarna gelap dan berbagai ukuran dari 5 sampai 15 cm dapat dikeringkan dan direbus untuk membuat teh daun jambu biji. Konsultasikan pada dokter, sebelum mengkonsumsi ramuan apapun.
  • Teh daun jambu biji efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal tahun 2010 dalam "Nutrisi dan Metabolisme oleh Yakult Central Institute untuk Riset Mikrobiologi di Tokyo, Jepang, menyebutkan konsumsi teh daun jambu menghambat enzim alpha - glucosidase. Penghambatan enzim ini bermanfaat mengurangi kadar glukosa dalam darah, penting dalam pencegahan diabetes tipe 2.
  • Ramuan daun jambu biji juga mencegah sukrosa dan maltosa diserap ke dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan. Mereka yang minum teh daun jambu biji selama 12 minggu, bahkan disebut memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, tanpa meningkatkan produksi insulin.
  • Daun jambu biji kaya antioksidan kuat seperti vitamin C dan quercetin yang menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit yang melemahkan seperti penyakit jantung, kanker, arthritis, degenerasi makula, dan stroke.
  • Teh daun jambu bermanfaat mengobati penyakit yang berhubungan dengan mulut seperti sakit gigi, sakit tenggorokan, dan sakit pada gusi. Menurut artikel "The 150 Healthiest Foods on Earth" oleh Jonny Bowden, seperti dilansir Livestrong, teh yang terbuat dari daun jambu biji dapat mengobati luka pada dinding mulut. Selain itu, sebagai cairan kumur, teh daun jambu biji dapat mengurangi ketidaknyamanan di mulut akibat sakit tenggorokan, radang dan mulut bengkak.
  • Teh daun jambu juga efektif digunakan sebagai obat infeksi kulit. Studi menyebutkan, komponen ekstrak daun jambu biji memiliki sifat anti - bakteri, yang mencegah infeksi pada luka bedah, kulit dan infeksi jaringan lunak. Daun jambu biji juga bermanfaat mencegah jerawat dan dapat digunakan untuk mencuci wajah. Teh daun jambu biji mencegah proses pelepasan histamin, senyawa penangkal reaksi alergi.
Demikian informasi mengenai khasiat dan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang semoga bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk membaca juga informasi kesehatan mengenai

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN


Sumber : www.suaramerdeka.com